Jumat, 05 November 2010

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN ^_^

Dalam tulisan saya ini saya akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan proses pengambilan keputusan dan apa saja contoh dan cara dalam pengambilan keputusan tersebut.

Pengambilan keputusan dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia.

Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final . 

Keluarannya bisa berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu opini terhadap pilihan.

Pengambilan keputusan dilakukan agar keputusan yang diambil dapat sesuai dengan apa yang diinginkan dan menjadi baik.

Dalam pengambilan keputusan disini saya membahas beberapa yang harus dipahami dalam pengambilan keputusan.

proses 1, kita harus mengetahui, apa yang kita capai dan tujuan.

proses ke 2,indentifikasi persoalan,disini kita yang menyangkut beberapa persoalan yang kita bahas untuk mencapainya dan agar lebih jelas di indentifikasi persoalan tersebut.

Proses ke 3,alternatif pengembangan , kita harus bisa mengembangkan sutu proses,

Proses ke 4,menentukan alernatif, Dalam tahap ini mulai berlangsung analisis tehadap berbagai alternatif yang sudah dikemukakan pada tahapan sebelumnya

Proses ke 5,memilih alternatife dalam hal ini kita harus bisa memlih aternatif yang terbaik.,karena untuk mencapai sasaran dan tujuan .

Proses ke 6, menerapkan keputusan , dalam hal ini kita harus menerapkan keptusan yang baik dilaksanakan,karena yang baik tidaknya dilihat dari cara pelaksanaanya,

Proses ke 7, pengendalian dan evaluasi , Pelaksanaan keputusan perlu pengendalian dan evaluasi untuk menjaga agar pelaksanaan keputusan tersebut sesuai dengan yang sudah diputuskan.

Selain itu proses pengambilan keputusan dapat juga dilakukan dengan cara sebagai berikut :
- Musyawarah
- Votting

Musyawarah adalah proses deliberasi atau berembuk yang mempertimbangkan semua sisi dari sebuah isu. Musyawarah sering dijadikan altenatif dari pengambilan suara.

Tidak berbeda jauh dengan musyawarah, votting adalah suatu cara yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan, votting biasa dilakukan dengan cara mengambil suara terbanyak.

Mudah mudahan tulisan saya bermanfaat bagi anda dalam mencari informasi dll.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar